Jumat, 24 Agustus 2012

Aku, Cantik dan Kosmetik Halalku


Assalamu’alaikum WR WB 

Bagaimana keadaanmu hari ini? >> Alhamdulillah sehat luar biasa, Allahu Akbar !!
Semangat bener?? >> Iya dong, harus!!

Bissmillah, dengan menyebut namaMu Ya Allah aku memulai..
Alhamdulillah, Engkau telah memberiku kesehatan, kebahagiaan dan untuk saat ini Engkau telah memberiku kesabaran dan semangat yang tinggi supaya tetap mengikuti Kontes Blog yang diselenggarakan oleh
BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI  dengan tujuan untuk mensosialisasikan Halal Is My Life, menggandeng WARDAH, sebagai produk kosmetik yang mendapatkan sertifikasi halal pertama kali di Indonesia..
Ada saja hal-hal yang membuatku tak segera merampungkan tulisan ini, Namun dengan semangat 45 (ceileh.. mentang-mentang baru ngerayain HUT RI :p) ku terus berjuang tuk merampungkannya. SEMANGAT :D
Kemampuan menulis yang dangkal tak menggoyahkan niatku untuk tetap mengikuti Kontes Blog ini. Kalau toh menang ya Alhamdulillah, kalau kalah tak apalah. Berbagi pengalaman atau tulisan saja sudah lebih dari cukup.
Tak tau harus memulainya darimana. Merasa ciut setelah melihat beberapa blog dari peserta Kontes Blog ini -,- huft!!




Kecantikan adalah sebuah proses perjalanan.
Karena cantik yang menginspirasi
tak akan lekang oleh ruang dan waktu.
baik di rumah maupun di kantor,
di usianya yang belia atau beranjak dewasa,
wanita berhak merasa cantik.
Perjalanan wanita menjadi cantik
adalah proses ia menemukan dirinya kembali.
Saat perhatian sekitar tertuju pada
caranya menghormati pribadinya.
Saat ia nyaman menjadi dirinya sendiri.

Yup bener, apa yang dituliskan di Wardah Story. Cantik itu ketika kita nyaman menjadi diri sendiri. Kita akan merasa cantik jika kita percaya diri dengan keadaan yang kita punyai sekarang ini.
Namun, aku akan lebih merasa cantik jika telah menggunakan Wardah Kosmetik, meskipun hanya TWC saja, hehe (maklum, sedikit nggak suka make up). Aku tipikal orang yang minimalis, tidak suka berdandan menor, sekalipun hanya eyeliner yang tipis atau sekedar mascara yang tidak begitu tebal, karena aku orangnya ceroboh, suka sekali mengkucek-kucek mata yang tidak bermasalah. Menggunakan make-up yang tebal hanya waktu-waktu tertentu saja, seperti kondangan, acara wisuda (itu aja sudah lama, 2 tahun yang lalu, hoho :p). awalnya malas untuk bermake-up ala wanita seutuhnya karena takut air wudlu tak bisa menembus kulit, namun setelah tahu kalau ada kosmetik halal (yang artinya dapat dipakai tuk sholat dan berwudlu) aku berminat untuk mencobanya.

Selain pengguna TWC, aku pun mulai sekarang belajar membersihkan wajahku dengan Cleanser & Hydrating toner, Lightening Gentle Wash & Lightening Facial Scrub, serta memakai Moisturizer Cream. Beginilah hasilnya kalo seseorang tak pernah menjamah kosmetik, lihat saja kosmetik yang aku gunakan,, padahal Wardah kurang baik bagaimana memudahkan para wanita cantik untuk memilih kosmetik seperti apa. Wardah telah mengelompokkannya, seperti Basic Series, Lightening Series, Acne Series dll, tapi aku??hehe :p campuran, ada Basic ada Lightening Series. Mengapa bisa seperti itu? iyya karena pada saat itu, aku diajak temanku ke salah satu toko untuk membeli produk Wardah dan mendapatkan voucher facial. Kata si mbak therapis, kulitku kering disarankan untuk menggunakan produk untuk kulit normal dan kering yaitu Cleanser & Hydrating toner. Untuk hasil yang lebih baik akupun mengganti pelembab wajah produk lain dengan Wardah Moisturizer Cream. Kalau Lightening Gentle Wash & Lightening Facial Scrub aku sudah menggunakannya sejak menjadi mahasiswa (ceileh,, hehe :D) kira-kira 2 tahun yang lalu. Karena terobsesi kulit putih akupun pada saat itu memutuskan untuk menggunakan Lightening series. Jika suatu saat nanti aku sudah bisa mencari uang sendiri Insya Allah aku ingin melengkapi koleksi kosmetik Wardah, seperti wanita cantik lainnya, menjadi wanita sesungguhnya.. :)


MENGAPA HARUS MEMAKAI PRODUK WARDAH??
"Wardah", adalah perusahaan kosmetik Indonesia. seluruh produknya yang berjumlah 200 macam telah mendapat sertifikasi halal, yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Penjualan yang dimulai sejak tahun 1995 melaluI door to door ini kemudian telah berkembang menjadi 1500 outlet yang tersebar di Department Store dan Pusat perbelanjaan lengkap dengan konsultan kecantikannya.
Puluhan tahun lalu Wardah berkomitmen untuk selalu mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik sesuai karakternya masing-masing. Setiap penciptaan kosmetik dan perawatan kulit Wardah adalah hasil dari proses berteknologi modern di bawah pengawasan ahli serta dokter kulit.
Selain itu, Wardah mendapatkan International Halal Award dari World Halal Council sebagai pelopor kosmetik Halal di Dunia. Hal ini didedikasikan bagi seluruh pemakai Wardah 

3 prinsip WARDAH yang harus diketahui oleh wanita cantik di Indonesia, yaitu:
1.      Pure and Safe.
Produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal, diciptakan untuk kenyamanan dan ketenangan wanita yang meggunakannya.
Faktanya kulit wanita Asia berbeda dengan kulit wanita Eropa atau Amerika. Lapisan dermis (terluar) kulit wanita Asia cenderung lebih tipis, sehingga lebih sensitif dan rentan terhadap faktor luar.
Cukup satu fakta ini menjadi landasan konsep kecantikan Wardah bahwa kulit wanita Indonesia membutuhkan perawatan dengan perlindungan menyeluruh.
Produk Wardah
o    Tidak mengandung Hydroquinon
o    Lembut
o    Diformulasikan secara tepat.
2.      Beauty Expert. 
Citra awal Wardah sebagai kosmetik ditujukan untuk wanita muslim telah berkembang menjadi produk yang dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas.
Wardah percaya bahwa menjadi cantik itu universal.
Pengalaman belasan tahun menjadi pilihan banyak wanita Indonesia, tak hanya kaum muslimah, terkait erat dengan bagaimana Wardah selalu berinovasi serta berkreasi menjawab setiap kebutuhan. Mulai dari serangkaian kosmetik yang efektif membingkai wajah dengan warna-warna segar hingga produk perawatan kulit berkualitas tinggi.
3.      Inspiring Beauty.
Dari tahun 1995 hingga saat ini, Wardah selalu meyakini kecantikan yang menginspirasi. Wanita Indonesia bisa jadi telah mengadopsi dinamika kemajuan dunia, namun ia tak pernah meninggalkan nilai budaya Timur yang santun. Bagi wanita Wardah, kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa.
Kecantikannya membuat ia merasa mencintai diri sendiri, sebanyak dan sedalam dia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya. Menjadi cantik dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Namun sekaligus memberi inspirasi, harus tulus berawal dari hati.
                 

HALAL? HARUSKAH.. 

" Allah tidak menerima harta
kecuali harta yang baik dan halal.
Hal teragung yang menghasilkan amal yang baik
bagi seorang Mukmin ialah
makanan yang baik berasal dari sumber yang halal.
Dengan makanan yang baik amalnya jadi berkembang "



Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia atau yang disingkat LPPOM MUI adalah lembaga yang bertugas untuk meneliti, mengkaji, menganalisa dan memutuskan apakah produk-produk baik pangan dan turunannya, obat-obatan dan kosmetika apakah aman dikonsumsi baik dari sisi kesehatan dan dari sisi agama Islam yakni halal atau boleh dan baik untuk dikonsumsi bagi umat Muslim khususnya di wilayah Indonesia, selain itu memberikan rekomendasi, merumuskan ketentuan dan bimbingan kepada masyarakat.
Tidak mudah untuk menentukan bahwa sebuah produk kecantikan itu halal atau haram. Karena diperlukan kajian yang mendalam mengenai bahan dasar dan proses pembuatannya. Oleh karena itu, kewenangannya dilakukan oleh LPPOM MUI. Dan lembaga ini juga telah menerbitkan daftar produk kecantikan yang telah mendapatkan sertifikat halal.
Sederhananya, seperti halnya pada makanan, kosmetik yang halal harus terbuat dari bahan dasar dan proses yang halal. Misalnya kosmetik yang halal tidak boleh mengandung unsur babi atau turunannya. Selain itu, kosmetik yang halal juga tidak boleh mengandung bahan yang membahayakan penggunanya.

Cara memilih kosmetik halal
Tentu saja dengan melihat daftar produk halal dari LPPOM MUI. Karena jika kita melakukan analisa sendiri, tentu sangat sulit. Karena berbagai produk kosmetik menggunakan produk turunan yang sangat kompleks dan menggunakan istilah-istilah yang sangat rumit. Berikut adalah beberapa bahan kosmetik yang telah dinyatakan haram oleh MUI: Plasenta Manusia, berasal dari hewan haram, dan bahan yang berbahaya.

Manfaat menggunakan kosmetik halal
Mengetahui sebuah produk telah bersertifikat halal berarti keamanan dan ketenangan batin dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk tersebut. kita mendapat kepastian dan jaminan bahwa produk tersebut tidak mengandung sesuatu yang tidak halal dan juga diproduksi dengan cara yang halal. Sertifikat halal memberikan keuntungan bagi semua konsumen, tidak hanya konsumen muslim saja, karena halal tidak saja berarti kandungannya halal namun juga diproses dengan cara yang beretika, sehat dan baik.
Nah sekarang kan sudah tau, mengapa harus menggunakan kosmetik halal, apa manfaatnya dan apa produknya? Untuk itu, yuk kita sama-sama beralih ke kosmetik halal (Wardah tentunya J). Supaya para wanita cantik Indonesia menjadi inspirator wanita cantik dunia. Karena cantik adalah sebuah inspirasi. >> Inspirated by Wardah




Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog yang diadakan oleh  BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI dan menggandeng WARDAH sebagai produk kosmetik yang mendapatkan sertifikasi halal pertama di Indonesia. Semoga para juri mendapatkan pemenang yang berhak mendapatkannya. Good Luck :)

Wassalamu'alaikum WR WB


Thanks to:




2 komentar: