Sabtu, 26 Mei 2012

Tablet PC sebabkan nyeri leher?

Tablet PC adalah suatu perangkat yang memiliki ukuran dan fasilitas yang lebih besar darismartphone dan lebih kecil daripada notebook atau laptop. Memang sangat praktis sekali, karena ukurannya yang tidak sebesar laptop dan dapat dibawa kemana-mana secara mudah dan dapat digunakan untuk memeriksa email, menonton film, membaca eBook, surfing di internet dan banyak lagi. 

Namun, dari semua kepraktisan tersebut ternyata menurut para peneliti dari Harvard School Public Health, penggunaan tablet PC dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan nyeri di leher dan juga di sekitar pundak. Nyeri tersebut timbul ketika pengguna dari tablet PC memposisikan perangkat tersebut 'berbaring' sejajar dengan permukaan meja atau tempat lain untuk menopangnya.

Dengan mensejajarkan tablet PC secara mendatar maka akan dapat memaksa leher dan kepala untuk mengikuti angle dari layar tablet PC. Menurut Realage.com, hal tersebut secara otomatis akan mengakibatkan nyeri yang luar biasa ketika leher dan kepala akhirnya terpaksa harus melihat layar tablet PC dengan angle yang tidak semestinya dalam jangka waktu yang lama.

Menurut salah seorang peneliti yang bernama Jack Dennerlein, " Apabila dibandingkan dengan penggunaan dekstop atau laptop pada umumnya maka pandangan mata, posisi leher, dan kepala, masih dalam taraf nyaman, karena leher, mata, dan kepala tidak dipaksa untuk melihat layar dengan angle yang dapat membuat leher kaku karena harus menunduk dalam waktu yang lama."

Untuk itu disarankan agar dalam menggunakan perangkat berjenis tablet PC, penggunanya harus meletakkan perangkat tersebut di tempat dengan sudut angle yang tidak terlalu ekstrim. Pengguna dari tablet PC juga dapat menggunakan 'kaki' penyangga untuk menopang perangkat tersebut agar digunakan layaknya menggunakan notebook atau desktop.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar